Kamis, 07 Maret 2013

GLOSARIUM INTERNET


Dalam mengakses internet, kita akan banyak berjumpa dengan berbagai istilah yang akan mungkin baru bagi kita.

Chat – secara harfiah, chat dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard.

DNS – Domain Name Service adalah layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka.

Download – Domain Name Service adalah layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka.

Downstream – adalah istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.

GPRS – General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel).GPRS juga merupakan suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data (CSD) atau yang sering disebut juga dengan 2,5 G.

Home Page/Homepage – adalah halaman utama atau bagian depan yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.

Host – sebuah computer dalam jaringan yang menyediakan layanan untuk computer lainnya dijaringan yang sama.

HTML – (Hyper Text Markup Languange) adalah bahasa pengkodeaan untuk menghasilkan dokumen-dokumen hypertext untuk digunakan di World Wide Web. HTML terlihat seperti bahasa pengkodean lama, yang di awali dan diakhiri dengan kode-kode html dimana menunjukkan bagaimana keluarannya pada saat di jalankan pada sebuah web browser.

HTTP – (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server.

Internet – Gabungan jaringan diseluruh dunia yang membentuk jaringan interkoneksi yang tergabung melalui TCP/IP.

Intranet – sebuah jaringan privat dengan system dan hirarki yang sama dengan internet namun hanya digunakan secara internal.

IP Address – adalah alamat yang diberikan ke jaringan dan peralatan jaringan yang menggunakan protocol TCP/IP. IP Address terdiri dari 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik seperti 192.16.10.1.

ISDN – (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas.

Login – proses memasuki sutu system yang tertutup. Pengenal untuk mengakses sebuah system yang tertutup, terdiri dari user name, dan password.

Mailing List – juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat e-mail yang digunakan oleh sekelompok pengguna internetuntuk melakukan kegiatan tukar – menukar informasi.

Network – sebuah himpunan komputer yang dihubungkan dengan kabel sehingga komputer satu dengan komputer lainnya dapat saling komunikasi, bertukar informasi sharing file, printer, dll.

Upload – kegiatan pengiriman data dari computer local ke computer lainnya yang terhubung dalam sebuah network.

VOIP – Suara melalui Protokol Internet (juga dipanggil Telefoni IP, Telefoni internet, dan Telefon Digital) – adalah penyaluran suara perbualan melalui Internet atau mana-mana rangkaian berasaskan IP lain

WAP – Wireless Application Protocol yaitu standar protocol komunikasi untuk aplikasi yang mememungkinkan akses informasi secara instan melalui perangkat nirkabel atau wireless seperti handphone, smartphone, dan PDA.

Webmail – Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan e-mail melalui web.

Word Wide Web – adalah suatu ruang informasi yang yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI) untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar