Menu dan Ikon Perangkat Lunak
Pengolah Kata
A.
Pendahuluan
Perangkat
lunak (softwere) adalah suatu program yang ditulis dalam bahasa computer. Jenis
perangkat lunak adalah sebagai berikut.
1. Perangkat
Lunak Sistem Operasi
Adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa mesin yang hanya dikenal oleh computer dan untuk pengelolaan program.
Adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa mesin yang hanya dikenal oleh computer dan untuk pengelolaan program.
2. Perangkat
Lunak Aplikasi
Adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah angka, kata, database, data statistic, dan lain-lain.
Microsoft Word (biasa diakronimkan dengan MS-Word) merupakan salah satu program aplikasi pengolahan kata di bawah system windows.
Adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah angka, kata, database, data statistic, dan lain-lain.
Microsoft Word (biasa diakronimkan dengan MS-Word) merupakan salah satu program aplikasi pengolahan kata di bawah system windows.
B.
Mengidentifikasi Letak Perangkat Lunak Pengola Kata
1.
Identifikasi, Letak, dan Kegunaan Program Pengolahan Kata
Program Microsoft Wordr merupakan program pengolahan kata di bawah system Windows. Sistem Windows merupakan system operasi berbasis grafik yang dikembangkan oleh Microsoft.
Dengan memanfaatkan program Microsoft Word pemakai dapat menggunakan fasilitas untuk berbagai kebutuhan, antara lain membuat surat, undangan, dokumen, atau bahkan untuk menyusun naskah dalam berbagai kepentingan.
Program Microsoft Wordr merupakan program pengolahan kata di bawah system Windows. Sistem Windows merupakan system operasi berbasis grafik yang dikembangkan oleh Microsoft.
Dengan memanfaatkan program Microsoft Word pemakai dapat menggunakan fasilitas untuk berbagai kebutuhan, antara lain membuat surat, undangan, dokumen, atau bahkan untuk menyusun naskah dalam berbagai kepentingan.
2.
Mengaktifkan Program Pengolahan Kata
Untuk mengaktifkan program Microsoft Word antara lain dapat dilakukan dengan menyiapkan computer dalam keadaan aktif dengan mengenal icon-icon penting yang terdapat dalam program tersebut.
Untuk mengaktifkan program Microsoft Word antara lain dapat dilakukan dengan menyiapkan computer dalam keadaan aktif dengan mengenal icon-icon penting yang terdapat dalam program tersebut.
a.
Menyiapkan Program
Untuk menyiapkan program, pastikanlah computer dalam kondisi siap untuk dioperasikan dan dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyiapkan program :
1. Nyalakan computer dengan menekan tombol power di CPU dan tombol monitor.
2. Klik Star, pilih Aplication Program (All Program) dan klik MS-Word.
3. Tunggu sampai layar editor MS-Word muncul pada layar editor.
Untuk menyiapkan program, pastikanlah computer dalam kondisi siap untuk dioperasikan dan dapat menjalankan fungsi-fungsinya dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menyiapkan program :
1. Nyalakan computer dengan menekan tombol power di CPU dan tombol monitor.
2. Klik Star, pilih Aplication Program (All Program) dan klik MS-Word.
3. Tunggu sampai layar editor MS-Word muncul pada layar editor.
C.
Mengidentifikasi Berbagai Menu dan Ikon Pengolahan Kata
Ketika membuka program aplikasi pengolah kata untuk pertama kalinya, maka pada layar monitor akan muncul dokumen kosong yang siap digunakan dengan ukuran kertas standart. Perhatikan gambar dibawah ini :
Ketika membuka program aplikasi pengolah kata untuk pertama kalinya, maka pada layar monitor akan muncul dokumen kosong yang siap digunakan dengan ukuran kertas standart. Perhatikan gambar dibawah ini :
Keterangan :
1. Title Bar
: berisi judul dokumen dan tombol minimize, maximize, Exit.
2. Menu Bar : berisi menu-menu shotcut perintah dalam word.
3. Toolbar : berisi tombol-tombol shotcut perintah dalam word
4. Tombol Close dokumen
5. Task Pane : panel task (kumpulan task dalam word)
6. Vertical Scrool Bar : menggeser dokumen secara vertical
7. Horizontal Scrool Bar : menggeser dokumen secara horizontal
8. Halaman tempat membuat teks atau dokumen
9. Horizontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks
10. Ruler Indent : mengatur tabulasi
11. Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan dikursor.
12. Vertical Ruler : melihat atau mengatur batas teks
13. Toolbar Drawing : kumpulan tombol shortcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
14. Status Bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris atau kolom yang aktif.
2. Menu Bar : berisi menu-menu shotcut perintah dalam word.
3. Toolbar : berisi tombol-tombol shotcut perintah dalam word
4. Tombol Close dokumen
5. Task Pane : panel task (kumpulan task dalam word)
6. Vertical Scrool Bar : menggeser dokumen secara vertical
7. Horizontal Scrool Bar : menggeser dokumen secara horizontal
8. Halaman tempat membuat teks atau dokumen
9. Horizontal Ruler : melihat atau mengatur batas teks
10. Ruler Indent : mengatur tabulasi
11. Kursor : penanda posisi aktif pengetikan secara default teks yang diketik akan ditempatkan dikursor.
12. Vertical Ruler : melihat atau mengatur batas teks
13. Toolbar Drawing : kumpulan tombol shortcut untuk membuat gambar atau bentuk sederhana
14. Status Bar : untuk menampilkan halaman yang aktif, jumlah halaman, baris atau kolom yang aktif.
Fungsi Menu Dan Ikon pada
Perangkat Lunak Pengolahan Kata
A.
Pendahuluan
Ketika kita
bekerja pada program pengolahan kata, kita akan banyak menemukan menu dan ikon
pada perangkat pengolahan kata tersebut. Menu dan ikon pada program Microsoft
Word yang perlu kamu ketahui untuk tahap awal antara lain menu ikon pada Menu
Bar, Standar Bar, Formatting Menu, dan Drawing Menu
B. Fungsi
Menu dan Ikon pada Menu Bar
- File
Menu file
berfungsi untuk membuat, membuka, menyimpan, mencetak, mengatur ukuran halaman
hingga menutup suatu dokumen yang kita buat.
Menu File
|
Fungsi
|
New
|
Untuk
membuat lembar kerja yang baru
|
Open
|
Untuk
membuka file dokumen yang pernah kita buat
|
Close
|
Untuk
menutup file yang sudah aktif
|
Save
|
Untuk
menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan
|
Save As
|
Untuk
menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file
baru
|
Save As
Web Page
|
Untuk
menyimpan file yang sudah dikerjakan atau sedang dikerjakan dengan nama file
baru
|
Search
|
Untuk
mencari file atau nama file
|
Versions
|
Untuk
menampilkan tanggal dan waktu masing-masing versi yang disimpan dan nama
orang yang menyimpan
|
Web Pag
Preview
|
Untuk
menampilkan file yang aktif sebagai halaman web dalam browser sehingga kita
dapat melihat seperti apa dokumen yang dibuat sebelum diterbitkan/dicetak
|
Page Setup
|
Untuk menentukan
margin dan ukuran kertas
|
Print
Preview
|
Untuk
melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
|
Print
|
Untuk
mencetak dokumen yang kita buat
|
Send To
|
Untuk
mengirim dokumen ke media lain seperti Microsoft Power Point
|
Exit
|
Untuk
keluar dari program MS-Word
|
2. Edit
Menu edit
berfungsi untuk mengedit suatu dokumen
Menu Edit
|
Fungsi
|
Undo
|
Untuk
membatalkan perintah terakhir
|
Repeat
|
Untuk
membatalkan undo
|
Cut
|
Untuk
memotong suatu objek seperti kata, kalimat, gambar, dan memasukkannya ke
clipboard atau kedokumen lain
|
Copy
|
Untuk
meng-copy atau menyalin suatu objek kedalam clipboard atau dokumen lain
|
Office
Clipboard
|
Untuk
mengatur pemunculan objek dari clipbiard
|
Paste
|
Untuk
memunculkan suatu objek dari dalam clipboard atau dokumen lain
|
Paste
Specila
|
Paste
dengan criteria tertentu
|
Paste as
Hyperlink
|
Untuk
memunculkan objek dari dalam clipboard namun tetap ada hubungannya walau
berada ditempat yang berbeda
|
Clear
|
Untuk
menghapus format atau objek yang dipilih
|
Select All
|
Untuk
memilih/memberi tanda blok hitam pada seluruh lembar kerja
|
Find
|
Untuk
mencari kata yang dikehendaki
|
Replace
|
Untuk
mengganti kata
|
Go to
|
Untuk
berpindah halaman, baris, kolom, objek, dan lain-lain
|
Link
|
Untuk
membentuk hubungan
|
Object
|
Untuk
mengedit objek
|
3. View
Menu view berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan.
Menu view berfungsi untuk mengatur tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan.
Menu View
|
Fungsi
|
Normal
|
Untuk
menampilkan tampilan layar yang normal atau tampilan standart
|
Web Layout
|
Untuk
menampilkan tampilan editing dokumen kita ketika muncul di web browser
|
Print
Layout
|
Untuk
menampilkan tampilan print layout yang berupa sebuah tampilan editing dokumen
kita ketika akan mencetak
|
Outline
|
Untuk
memindahkan tampilan editing dokumen kita ke tampilan outline view, sehingga
kita dapat memeriksa dan bekerja dengan struktur file dokumen kita dalam
bentuk outline klasik
|
Task Pane
|
Untuk
menampilkan task pane
|
Toolbars
|
Untuk
menampilkan dan menyembunyikan toolbar-toolbar yang dikehendaki
|
Ruler
|
Untuk
menampilkan dan menyembunyika/menghilangkan penggaris yang ada di atas area
kerja
|
Dokument
Map
|
Merupakan
layar vertical yang berfungsi juga sebagai peta dokumen untuk memberitahukan
letak.posisi dokumen kita sekarang
|
Header and
Footer
|
Untuk
membuat header dan footer
|
Footnotes
|
Untuk
membuat catatan kaki
|
Markup
|
Untuk
memunculkan atau menyembunyikan komentar
|
Full
Screen
|
Untuk
menggunakan tampilan layar menjadi tampilan penuh layar
|
Zoom
|
Untuk
memperbesar tampilan
|
4. Insert
Menu insert
berfungsi untuk menyisipkan teks, tanggal atau waktu, symbol, diagram, file,
onjek dan sebagainya.
Menu
Insert
|
Fungsi
|
Break
|
Untuk
menentukan jenis perpindahan
|
Page
Number
|
Untuk
memberi nomor halaman
|
Date and
Time
|
Untuk
menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
|
Auto Text
|
Untuk
menyisipkan teks
|
Field
|
Untuk
menyisipkan field
|
Symbol
|
Untuk
menyisipkan simbol
|
Comment
|
Untuk
menyisipkan komentar atau catatan
|
Reference
|
Untuk
menyisipkan footnote, caption, cross reference, dan index
|
Web
Component
|
Komponen
dari web
|
Picture
|
Untuk
menyisipkan gambar
|
Diagram
|
Untuk
menyisipkan diagram
|
Text Box
|
Untuk
menyisipkan text box
|
File
|
Untuk
menyisipkan file
|
Object
|
Untuk
menyisipkan objek
|
Bookmark
|
Untuk
menyisipkan bookmark
|
Hyperlink
|
Teks atau
grafik yang kita kirimkan ke suatu file, dokumen HTML
|
5. Format
Menu format
berfungsi untuk menetukan jenis huruf, paragraph, memberikan penomoran, membuat
jenis kolom dalam teks, memberi bingkai dan arsiran, mengatur huruf besar dan
kecil dan berbagai hal yang berkaitan dengan format dokumen.
Menu
Format
|
Fungsi
|
Font
|
Untuk
menentukan jenis huruf dan atributnya
|
Paragraph
|
Untuk
menentukan jenis paragraph
|
Bullets
and Numbering
|
Untuk
memberikan bullet dan penomoran
|
Boder and
Shading
|
Untuk
memberikan bingkai dan arsiran
|
Colums
|
Untuk
membuat jenis colom
|
Tabs
|
Untuk
menentukan batas tabulasi
|
Drop Cap
|
Untuk
memberikan efek drop cap
|
Text
Direction
|
Untuk
mengtur arah horizontal dan vertical dari teks yang diketik
|
Change
Case
|
Untuk
mengatur huruf besar dan kecil
|
Background
|
Untuk
memberi warna latar belakang dokumen yang dikerjakan
|
Theme
|
Untuk mengatur
format tampilan theme yang akan digunakan pada sebuah halaman web, dokumen
dan pesan email
|
Frames
|
Untuk
membuat table daftar isi denagn menggunakan heading dari dokumen dan
menempatkannya disebelah kiri halaman frame
|
Auto
Format
|
Untuk
mengubah format menjadi format dokumen atausurat
|
Styles and
Formatting
|
Untuk
mengubah style dan format
|
Reveal and
Formatting
|
Untuk
menampilkan task panel reveal formatting yang berfungsi untuk menentukan
format suatu teks
|
Object
|
Untuk
memformat objek
|
6. Tools
Menu tools
berfungsi untuk memeriksa ejaan, memilih bahasa yang dikehendaki.
Menu Tools
|
Fungsi
|
Spelting
and Grammar
|
Untuk
memeriksa ejaan
|
Languange
|
Untuk
memilih bahasa yang dikehendaki
|
File
Broken Text
|
Untuk
mengatur atau menyusun text yang berantakan atau tak beraturan.
|
Word Count
|
untuk
menghitung banyaknya kata, paragraph, baris, karakter, dan halaman
|
Auto
Summarize
|
Untuk
merangkum poin-poin secara otomatis dalam dokumen
|
Speech
|
Untuk
mengubah perintah keyboard/mouse dengan suara menggunakan bahasa yang dikenal
oleh MS-Word
|
Track
Changes
|
Untuk
menandai perubahan-perubahan yang dilakukan dalam dokumen terakhir/baru atau
yang sedang dikerjakan, dan mencatat setiap perubahan tersebut saat dilihat
kembali
|
Compare
and Merge Document
|
Untuk
membandingkan dan menggabungkan dokumen
|
Protect
Dokumen
|
Untuk
memproteksi dokumen
|
Online
Collaboration
|
Untuk
melakukan kolaborasi dengan para pengguna internet seperti diskusi maupun net
meeting
|
Letters
and Mailings
|
Untuk
membuatsuratdan label
|
Tools in
The Web
|
Untuk
melihat fungsi tools secara online
|
Macro
|
Untuk
membuat macro
|
Templates
and Add-Ins
|
Untuk
melihat templates
|
Auto
Cottect Options
|
Untuk
membuat autoccorect
|
Customize
|
Untuk
melihat tombol toolbar, menu, dan shortcut key
|
Options
|
Untuk memodifikasi
setting program dari MS-Office
|
7. Table
Menu table
berfungsi untuk membuat table, menyisipkan table dalam teks dokumen,
mengurutkan data, dan segala hal yang berkaitan table.
Menu Table
|
Fungsi
|
Draw Table
|
Untuk
menggambar tabel
|
Insert
|
Untuk
menyisipkan table, kolom, baris, atau sel
|
Delete
|
Untuk
menghapus table, kolom, baris, atau sel
|
Select
|
Untuk
menyeleksi table, kolom, baris, atau sel
|
Merge
Cells
|
Untuk
menggabungkan sel-sel terpilih
|
SplitCells
|
Untuk
membagi sel colom pada table menjadi beberapa sel kolom yang lebih kecil
|
Table
Aouto Format
|
Untuk
membuat format table secara otomatis
|
Aoutifit
|
Untuk
menyesuaikan lebar kolom pada table dengan lebar window secara otomatis
|
Heading
Rows Repeat
|
Untuk
menunjuk baris terpilih untuk menjadi heading table yang di ulang pada
halaman selanjutnya
|
Convert
|
Untuk
mengkonversi bentuk teks ke bentuk table atau sebaliknya
|
Sort
|
Untuk
mengurutkan data
|
Formula
|
Untuk
memberikan formula (perhitungan matematika)
|
Show
Gridlines
|
Untuk
memunculkan atau menyembunyikan garis bantu
|
Table
Properties
|
Untuk
menampilkan properties untuk table
|
8. Windows
Menu windows
berfungsi untuk membuka jendela baru, menyusun semua jendela yang aktif, dan
melihat dokumen yang sedang aktif.
Menu
Windows
|
Fungsi
|
New Window
|
Untuk
membuka jendela baru
|
Arrange
All
|
Untuk
menyusun semua jendela yang aktif
|
Split
|
Untuk
membagi lembar kerja yang aktif menjadi dua bagian
|
1 Document2
|
Untuk
melihat seluruh dokumen yang aktif
|
9. Help
Salah satu
fungsi menu help adalah memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita
menyelesaikan masalah.
Menu Help
|
Fungsi
|
Microsoft
Word Help
|
Untuk
memunculkan fasilitas help yang bisa membantu kita menyelesaikan
masalah
|
Show the
Office Assistant
|
Untuk
menampilkan atau menyembunyikan office assistant
|
What’s
This
|
Untuk
meminta penjelasan mengenai icon yang ditunjuk
|
Office on
the Web
|
Untuk
meminta informasi terkini dari office web site
|
Activate
Product
|
Untuk
memunculkan activate product
|
Word
Perfect Help
|
Untuk
memberikan informasi bagi pemakai word perfect
|
Detect and
Repair
|
Untuk
mencari dan memperbaiki kesalahan secara otomatis
|
About
Microsoft Word
|
Untuk
menampilkan informasi mengenai program MS-Word yang kita gunakan
|
Penggunaan Menu dan Ikon dalam
Pembuatan Dokumen Pengolahan Kata
Menu dan
ikon pada menu bar dapat kita gunakan untuk membuka dokumen, menyimpan dokumen,
mengatur halaman dokumen, mengatur ukuran kertas, memberi halaman
dokumen, mengubah jenis dan ukuran hufur, memberi system penomoran pada teks
dokumen, hingga mencetak dokumen tersebut.
- Membuat Dokumen Baru
Langkah-langkah
:
- Pastikan layar monitor berada dalam posisi MS-Word
- Perhatikan pada baris menu yang berisi File, pilih pilldown New dengan klik satu kali.
- Klik OK, word menampilkan sebuah halaman kosong.
2. Membuka
Dokumen
- Pilih Menu File
- Klik Open, pilih nama file yang dikehendaki..
- Lalu klik Open
3. Menutup
Dokumen
Untuk
mengakhiri input data dan sekaligus menutup dokumen. Arahkan kursor ke menu
file lalu klik Close.
4. Menyimpan
Berkas
- Simpan teks yang kamu ketik dengan menggunakan menu File>Save
- Ketikkan nama file pada kolom name file
- Klik tombol Save
Tidak ada komentar:
Posting Komentar