Rabu, 06 Maret 2013

Materi TIK kelas 9 semester 1


internet dan intranet
1.    Internet
Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan yang sangat luas. Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Jaringan internet sering digambarkan sebagai sebuah awan internet (internet clouds), yaitu logikanya sebagai gambaran jaringan komputer yang terdiri dari banyak komputer di seluruh dunia yang saling terhubung satu dengan yang lain dan tidak mungkin dipetakan lagi. Sebuah komputer yang terhubung dengan internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa artinya semua pengguna internet mempunyai hak yang sama.

Istilah internet sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari INTERconnected NETworking yang berarti jaringan – jaringan komputer yang saling terhubung. Dengan definisi tersebut internet dapat diartikan sebagai sebuah system komunikasi global yang menghubungkan komputer – komputer dan jaringan – jaringan komputer di seluruh dunia.

Di internet, ada dua type computer, yaitu computer server ( server computer ) dan computer client ( client computer ). Informasi dan layanan yang ada di internet disediakan oleh computer server, sedangkan computer client hanya dapat mengakses informasi atau layanan di komputer server tersebut. Jadi, informasi dan layanan yang dapat di akses di internet di sediakan oleh kompuetr server. Computer client tidak menyediakan informasi atau layanan apapun yang dapat di akses oleh computer lain di internet. Jika kita mengakses internet di warung internet, di sekolah, ataupun di rumah, computer yang kita gunakan merupakan computer client.

Dunia internet kadang juga disebut sebagai dunia cyber. Di internet, seseorang dimungkinkan untuk memalsukan identitasnya dalam berkomunikasi dengan pengguna internet lain. Oleh karena itu, kita perlu waspada dalam berhubungan dengan pengguna internet lain yang belum kita kenal sebelumnya.banyak sekali korban kejahatan yang dilakukan melalui internet yang sebagian besar diakibatkan oleh kurang hati – hatinya pengguna internet dalam menyikapi informasi yang tersaji dihadapannya. Kejahatan melalui internet sering disebut cybercrime.
1. Sejarah internet
     Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Di tinjau dari fungsinya, internet memiliki manfaat yang beragam sesuai dengan bidang layanannya. Internet memungkinkan penggunanya saling berkomunikasi melalui surat elaktronik ( E-mail ), melakukan transaksi komersial ( e-commerce ), mengakses pustaka ( e-library ), dan belajar secara pelayanan kepada nasabahnya memalui internet ( internet banking atau e-banking ), sedangkan pemerintah dapat memberikan layanan kepada masyarakat luas secara online melalui internet dengan program yang disebut e-government.
2.LayananInternet
1.      Electronic Main atau e-mail.
Email adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima oleh dan antar individu atau komputer. Email bekerja seperti mesin penjawab telpon . Email tidak hanya berisi teks saja tetapi sudah bisa dilampiri dengan grafik, gambar foto dan juga suara bahkan animasi. Email juga dapat digunakan untuk berkirim surat secara langsung kepada beberapa orang sekaligus. Contoh alamat email :
2.      Discussion Group.
Biasanya kita gunakan email untuk orang-orang yang sudah kita kenal dengan baik, akan tetapi kita juga dapat gunakan email untuk saling bertukar informasi, berdiskusi dan berdialog dengan orang lain.
a.      Maling List.
Mailing List atau sering disebut milis di kalangan neter Indonesia, adalah salah satu jenis discussion group di Internet. Anggota milis dapat berkomunikasi dengan mengirimkan email pada list address. Contoh alamat milis :
list address : dgweb@yahoogroups.com
b.      Newsgroups.
Newsgroups adalah juga salah satu discussion groups yang ada di internet. Tidak seperti milis, newsgroups menggunakan komputer jaringan khusus yang disebut sebagai UseNet. contoh newsgroup : rec.arts.cinema
rec adalah topik utama, arts adalah subtopik dan cinema sub-subtopik.
c.       Internet Relay Chat
IRC hanpir sama dengan newsgroup, tetapi tidak dikhususkan pada topic tertentu. Untuk menggunakan layanan ini (chatting ), pengguna biasanya cukup mendaftar ke server IRC yang diinginkan.
d.      Voice over Internet Protocol
VoID telepon internet merupakan layanan untuk menelpon lewat internet. Cara ini dapat menghemat pulsa interlocal/internasional karena akses internet hanya menggunakan pulsa telepon local.
3.      FTP
FTP atau File Transfer Protocol, adalah layanan internet untuk melakukan transfer file antara komputer kita dengan server di internet.
4.      Telnet
Beberapa server di internet memperbolehkan kita untuk mengaksesnya dan menjalankan beberapa program yang diinstal pada komputer itu. Layanan ini disebut sebagai telnet.
Contohnya : spacelink.msfc.nasa.gov, adalah layanan telnet gratis dari NASA tentang sejarah dan seluk beluk NASA.
5.      Gopher
Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tesusun atas untaian menu sistem pencarian dan penemuan kembali. Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia.
6.      World Wide Web
WWW adalah layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan link hypertext yang disebut hyperlink untuk merujuk dan mengambil halaman-halaman web dari server. Halaman web dapat berisi suara, gambar, animasi, text, dan program perangkat lunak yang menyusunnya menjadi dokumen yang dinamis. Pengguna dapat melihat World Wide Web dari sebuah browser yaitu program yang dapat menampilkan HTML (skrip halaman web).
Untuk saling terkoneksi dengan computer di seluruh dunia dalam jaringan internet di perlukan beberapa hal, yaitu :
1)   Perangkat keras
2)   Perangkat lunak
3)   Protocol (TCP/IP)
4)   Saluran telekomunikasi
5)   Sambungan ke ISP ( Internet Service Provider ) atau penyedia layanan internet.
Untuk dapat mengakses internet, kita dapat menghubungkan computer kita ke jaringan computer yang sudah terkoneksi dengan internet. Untuk pemakaian sendiri kita dapatmenggunakan modem dan saluran telekounikasi yang ada, serta mendaftar ke ISP untuk mendapatkan akses internet.
2.    Intranet
Intranet merupakan jaringan informasi intenal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Intranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet atau internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi/perusahaan. Akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan tersebut. Intranet biasanya digunakan untuk membagi kalender/jadwal kegiatan, dokumen, dan sarana diskusi internal yang tertutup, sehingga tidak dapat diakses oleh pihak luar. Teknologi dan konsep internet seperti client-server dan protokol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membangun sebuah intranet.
a. Keuntungan penggunaan intranet
  1. Produktivitas Kerja
Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi lebih cepat, menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya, serta mengakses database yang diperlukan.
2. Efisiensi Waktu
Dengan intranet, perusahaan dapat memberikan informasi yang lebih lengkap dan cepat dari pada memberikan informasi melalui email kepada setiam karyawan.
3. Komunikasi
Fasilitas di intranet memungkinkan komunikasi efektif baik secara vertikal (atasan-bawahan) maupun horizontal (karyawan-karyawan) sehingga para karyawan akan selalu dapat mengetahui kebijakan terbaru yang ditempuh oleh organisasi/perusahaannya.
4. Sistem Publikasi Web
Memungkinkan data-data organisasi/perusahaan dapat diakses secara mudah. Misalnya pedoman anggota/karyawan, data keuntungan, kebijakan organisasi/perusahaan, data pelatihan. Setiap divisi dapat memperbaharui datanya dan pengguna lain dapat selalu mendapatkan data terbaru.
5. Efektivitas Biaya
Pengguna tidak perlu lagi membaca data fisik seperti buku manual, pengguna dapat membaca data melalui web browser.
6. Keseragaman Informasi
Intranet menjamin keseragaman informasi yang diterima karena semua pengguna melihat informasi yang sama di intranet
7. Meningkatkan Kerjasama
Dengan informasi yang mudah di akses oleh semua pengguna resmi, kualitas kerja tim (team work) akan meningkat.
b. Kelemahan penggunann intranet
  1. Informasi yang salah atau tidak sesuai dapat juga beredar melalui intranet sehingga    dapat mengurangi efektivitasnya
  2. Kemungkinan untuk mengirimkan hal-hal yang kurang sesuai (kasar/kurang sopan).
  3. Diperlukan pelatihan (training) untuk mendidik anggota/karyawan untuk menggunakan intranet
  4. Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi/perusahaan.
  5. Pertimbangan keamanan data (mengirimkan pesan yang sensitif sehingga menyinggung karyawan lainnya atau atasannya) yang dapat terlihat oleh banyak orang.
  6. Terjadinya Overload (data penuh) jika tidak dikontrol dengan baik
2.      Jaringan Komputer
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu :

1.                  Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
a. Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
b. Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.

2. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi
a. Jaringan LAN
merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.
b. Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa
c. ISP internet
Jaringan WAN. Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan masih banyak lagi.

3. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
1. Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
2. Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
4. Berdasarkan media transmisi data
a. Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
b. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

kecepatan akses dan perangkat keras internet dan intranet

Kecepatan Akses Internet
Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu downstream dan upstream. Downstream merupakan kecepatan pada saat kita mengambil data – data dari server internet ke komputer kita. Misalnya, saat kita masuk ke search engine, browsing, dan lain – lain. Adapun upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server. Baik downstream maupun upstream memiliki satuan kecepatan transfer data yaitu bps bit per sekon. Artinya, banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain tiap detiknya.

Kecepatan akses internet dihitung dari jumlah data yang dikirim dalam satuan waktu. Jika kita mengirim 1kb file/detik, berarti kita telah mengirim 1.000 byte, dengan 1 byte = 8 bit maka data yang dikirim sama dengan 8.000 bit = 8 kbps kilo bit per sekon. Untuk satuan yang lebih besar mengggunakan Mbps mega bit per sekon berarti 1000 kbps.

Bandwidth adalah konsep pengukuran yang sangat penting dalam jaringan, tetapi konsep ini memiliki kekurangan atau batasan, tidak peduli bagaimana cara Anda mengirimkan informasi mau pun media apa yang dipakai dalam penghantaran informasi. Berikut adalah contoh tabel batasan panjang medium dan kecepatan maksimum aliran data.
 Saluran – Saluran Akses Internet dan Kecepatan Aksesnya
Ada beberapa cara untuk mengakses Internet, slah satu diantaranya adalah dengan menghubungkan beberapa komputer kita ke jaringan komputer yang telah terhubung dengan internet. Cara lain adalah dengan menggunakan saluran telekomunikasi yang kita miliki. Dalam hal ini kita terlebih dahulu menyiapkan perangkat kerasa dan perangkat lunak yang dibutuhkan dan menghubungi penyedia layanan internet (ISP) untuk berlanggan.

Akses Internet

Pada dasarnya, akses internet dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu akses dial up dan akses dedicated
• Akses dial up menggunakan modem (modulator demodulator) dan saluran telepon. Setiap kali pengguna akan mulai mengakses internet, pengguna akan mennghubungi nomor ISP untuk menghubungkannya dengan internet
• Akses dedicated memberikan layanan tanpa henti sehinga biayanya tidak tergantung pada lama nya pengguna mengakses internet. Pengguna akan dibebani biaya langganan yang biasanya tetap tiap bulan sesuai tarif ISP
Saluran yang bisa digunakan untuk memperoleh akses internet adalah sebagai berikut
Saluran Telepon
Untuk mengakses internet, diperlukan modem. Modem digunakan untuk
mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.
ISDN (Integrated Service Digital Network)

ISDN merupakan layanan telepon digital berkecepatan tinggi.ISDN memberikan akses internet cepat hingga 128 kbps. Akses melalui
ISDN memerlukan modem khusus meskipun sinyal yang ditransmisikan
sudah berupa sinyal digital
HDSL (High Data-Rate Digital Subscriber Lines)
HDSL sama dengan jaringan E 1 saat ini. HDSL dapat beroperasi melayani penggunanya dalam jarak 3,6 Kilometer saja, namun Repeater dapat
dipasang untuk memperpanjang  jarak jangkauan.
SDSL (Symetric Digital Subscriber Line)


SDSL merupakan koneksi yang memiliki spesifikasi upload & download yang sama. Biasanya jaringan ini digunakan untuk
keperluan komersial dimana sang pengguna dapat mengirim data dalam jumlah besar.
SDSL juga dapat membuat web server, FTP server, mengirim e-mail dengan
kapasitas yang besar, dan sebagainya.
ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)
ADSL dapat men-support pengiriman data dari 1,5 sampai 9 Mbps saat menerima (downstream rate) dan dari 16 sampai 640 Kbps saat mengirim data (upstream rate). ADSL juga dikenal dengan tekhnologi Internet Broad-Band.
VDSL (Very High-Bit-Rate Digital Subscriber Line)

VDSL dapat mengantarkan data dari 13 Mbps sampai dengan 52 Mbps downstream dan 1,5 hingga 2,3 Mbps upstream dengan menggunakan kabel tembaga twisted. Jarak jangkauan ini paling maksimal adalah 1,3 Km.
IDSL (Integrated Service Digital Network DSL)

IDSL mempunyai kecepatan 144 Kbps, 128 Kbps, atau 64 Kbps. Pada dasarnya IDSL adalah sebuah line ISDN BRI yang digunakan sebagai based line.
VSAT (Very Small Aperture Terminal)
VSAT dignakan bagi mereka yang berada di tempat terpencil. Dengan VSAT  koneksi internet dapat dilakukan tanpa infrastruktur lain seperti leased line.
VSAT berbentuk piringan besar dan menghadap ke langit. VSAT tersebut menghadap GEO (Geostationary Earth Orbit). Satelit ini dapat meliput sepertiga permukaan bumi.
Radio Paket
Radio Paket merupakan suatu bentuk komunikasi data yang menggunakan gelombang radio sebagai media koneksi. Modem radio jenisnya bermacam-macam, modem pertama kali di buat adalah TNC (Terminal Node Controller) pada tahun 1982. Yang kedua adalah Baycom Modem yang dikembangkan oleh Baycom Group, Jerman.
TV Kabel
Jaringan televisi kabel yang semula hanya digunakan untuk mengirim siaran hiburan dan berita, kini mulai di lengkapi dengan layanan internet. agar dapat mengakses internet, operator TV kabel punya dua pilihan, pilihan yang pertama adalah membangun dan mengoperasikan sendiri layanan internetnya, artinya operator berfungsi sebagai broadband server. Dengan cara seperti ini pelanggan tidak perlu berlangaanan ISP lain. Pilihan kedua, operator TV kabel bekerja sama dengan ISP lain.
Kabel Listrik atau PLC(Power Line Communication)

Media ini mampu menyediakan akses internet dengan kecepatan 10 Mpbs dengan konsep melalui kabel listrik berkat riset dan inovasi terbaru.
Secara khusus, frekuensi sinyal daya listrik dalam range 50/60 Hz yang sinyal data ini dapat dinaikan sampai 500/600 Hz
WAP (Wireless Application Protocol)

WAP adalah sebuah protokol yang memungkinkan para pengguna telepon genggam dapat mengakses layan-layanan online internet dengan menggunakan built-in browser pada ponsel
GPRS (General Packet Radio Service)
Teknologi GPRS memungkinkan orang dapat mengakses internet dimanapun berada selama sinyal GPRS tersebut ada. Koneksi via GPRS memiliki kecepatan akses sampai 115 kbps yang berarti kecepatanya duakali lipat dibandingkan koneksi via dial-up(telepon) yang hanya 56 kbps
WiFi (Wireles Fidelity)

WiFi adalah standart teknologi wireless yang mampu menyediakan akses internet dengan bandwidth besar, kecepatannya mencapai 11Mbps. WiFi merupakan alat teknologi tanpa kabel yang bekerja seperti telepon selular di dalam dan di luar rumah namun masih dalam radius jarak dari base station.
WiFi tidak sama dengan Bluetooth, meskipun keduanya adalah koneksi wireless. WiFi adalah koneksi nikrabel berkecepatan tinggi dan berjangkauan panjang.
Perangkat Keras Akses Internet / Intranet
Pemilihan spesifikasi komputer disesuaikan dengan kebutuhan kita ,namun makin cepat prosesor yg digunakan dalam computer tersebut ,maka makin baik pula kecepatan kita dalam mengakses internet .
Berikut ini merupakan perangkat keras minimal yg dapat disarankan untuk mengakses internet .
Biasanya , tiap ISP memberikan sarat minimal computer kepada pelanggannya disesuaikan dengan layanan yg akan diberikan .
Spesifikasi perangkat keras minimal yg digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut :
  1. Procesor setara Pentium II , bila sebuah computer sebagai tubuh manusia , processor adalah otaknya . fungsi processor adalah mengolah semua informasi yg dimasukkan pengguna computer serta memberikan hasil sesuai dgn kehendak sang pemakai .itu sebabnya mengapa processor mutlak diperlukan sebuah computer untuk beroprasi .
  2. Memory atau RAM , 16MB dan Hardisk 2GB , memory computer atau RAM berfungsi menyimpan data sementara sedangkan memory hardisk berfungsi untuk menyimpan datadata seperti pesan, file , gambar , suara , dan program aplikasi .makin besar suatu memory , maka makin banuak data yg bias ditampung .
  3. Monitor VGA , singkatan dari monitor video Graphics array yg merupakan standar output graphics dasar .monitor computer berfungsi untuk menampilkan data aatau file ,program computer dan sebagainya dalam bentuk fisual.
  4. MODEM 28.800 bps , modem adalah singkatan darri MODULATOR-DEMODULATOR (modulasi demodulasi) , yaitu alat yg digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC yg lain melalui jaringan telepon . modulasi demodulasi dapat diartikan sbg , proses perubahan sinyal digital dari computer mnjd sinyal analog sehingga dapat dikirim dari telepon
  5. Telepon , modem memerlukan saluran telepon untuk melakukan tugasnya .pada dasarnya , proses saat modem terhubung dengan telepon dan kita mulai hubungan dengan internet service provider atau ISP = proses kita menelpon . kecepatan modem juga sangat berpengaruh terhadap rewkening telepon yang harus kita bayar setiap bulan
tata cara akses internet
 Tata Cara Penyambungan Internet Melalui ISP
Langkah pertama untuk melakukan koneksi internet adalah menginstalasi modem. Modem merupakan perangkat perantara antara komputer anda dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP (Internet Service Provider – penyedia jasa internet) .
Menginstal Modem Dial Up
berikut ini akan ditunjukkan prosedur instalansi modem dalam sistem operasi windows 98 dan windows XP
Pada Windows 98
berikut adalah cara – cara menginstal modem pada sistem operasi windows 98 :
1. Klik Start, pilih Settings,pilih Control Panel. Lalu kemudian akan muncul window Control Panel.
2. Pada windows Control Panel, pilih icon Modem dan klik dua kali sehinga muncul window Install New Modem

Kemudian pilihlah Don’t detect my modem apabila anda memilih deteksi otomatis. kemudian klik next.
Apabila anda memiliki modem jenis baru dan disertai file driver (dalam disket / CDROM), sebaiknya anda memilih deteksi manual sehingga dapat memanfaatkan feature terbaru dari modem tersebut (misal kemampuan support 56 kBps, fax, voice, dll). Untuk itu pilih kotak Don’t detect my modem, dan tekan Next.
3. Pada menu selanjutnya akan muncul tampilan daftar modem yang telah dikenali dan tersedia drivernya oleh Windows. Pilih type modem yang sesuai dengan modem anda, lalu tekan Next.
Apabila anda tidak memiliki file driver, maka anda dapat memilih type Standard Modem, misalnya dengan kecepatan 28800 bps, lalu tekan Next lalu anda dapat langsung menuju ke langkah 5.

Apabila anda memiliki file driver (disket / CDROM) yang disediakan pabrikan, maka pasang disket / CDROM tersebut, lalu tekan tombol Have Disk.
4. Pada menu selanjutnya muncul window Install From Disk. Masukkan disket / CDROM yang berisi file driver modem anda, pilih dirive yang sesuai (A:\ atau pilih CDROM, lokasi lain menggunakan menu Browse).

5. Apabila file driver berhasil di ambil, maka akan muncul window mengenai driver tersebut (pada contoh ini, driver modemnya V90 & K56Flex DATA-FAX-VOICE Modem, yang memiliki kemampuan s/d 56 kBps). Pilih driver yang sesuai (bila lebih dari satu), selanjutnya tekan Next.

6. Setelah selesai, maka anda mamasukkan port komunikasi (COM) dimana modem tersebut terpasang. Sebagai contoh, dipilih port COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut (kecuali dipakai untuk media lain). Kemudian tekan Next.

Jika pada tahap ini kita memasukkan prsedur yang benar maka modem akan terpasang pada PC anda. Klik Finish untuk mengakhiri setup modem Anda. Untuk melakuan koneksi internet, anda harus melakukan setting dial up untuk menentukan nomor telepon ISP yang menyediakan akses internet.
Pada Windows XP
1. Klik start lalu pilih Control Panel.

2. Lalu pilihlah Phone and Modem Option dengan cara double klik ikon Phone and Modem Option tersebut.


3. Setelah itu klik tab Modem, dilanjutkan dengan klik tombol Add.

4. sekarang tinggal saatnya kita meminta pada Windows untuk mendeteksi modem. Selanjutnya biarkanlah kotak pada sebelah kiri yang bertuliskan Don’t detect my modem, I will select from a list itu tetap kosong. Lalu klik Next.
Tinggal Centangin Don’t detect my modem, I will select it from a list, lalu click Next
5. setelah proses deteksi selesai, klik Next. klik Finish untuk mengakhiri prosedur instal modem.
Menginstal Dial Up Networking
Pada Windows 98
untuk menginstal dial networking pada sistem operasi windows 98 meliputi prosedurr instalansi komponen jaringan dan prosedur dial up. berikut langkah – langkahnya.
untuk setting komponen network :

  1. Klik Start > Settings > Control Panel pada windows taskbar.
  2. Window Control Panel akan terbuka. Double klik pada icon Network.

  1. Window Network akan terbuka. Pastikan bahwa komponen Dialup Adapter dan TCP/IP tercantum di daftar network component yang berarti komponen telah ter-install. Bila belum ada, klik tombol Add.


  1. Window Select Network Component Type akan terbuka. Pilih item Adapter dan klik tombol Add.

  1. Tampilan window Select Network Adapters akan terbuka dengan daftar dari Manufacturers di sebelah kiri dan Network Adapters di sebelah kanan.

  1. Pilih item Microsoft pada daftar Manufacturers dan Dial-Up Adapter pada daftar Network Adapters.
  2. Klik tombol OK.
  3. Tampilan window Network akan terbuka kembali dengan tambahan item Dial Up Adapter.
  4. Klik tombol Add.
  1. Pilih item Protocol dan klik tombol Add.
  1. Window Select Network Protocol akan terbuka dengan daftar Manufacturers di sebelah kiri dan Network Protocols di sebelah kanan.
  1. Pilih item Microsoft pada daftar Manufacturers dan TCP/IP pada daftar Network Protocols.
  2. Klik tombol OK.
  3. Tampilan window Network akan terbuka kembali dengan tambahan item TCP/IP
  1. Install komponen network yang diperlukan telah selesai dilakukan.
  2. Pilih item Dial-Up Adapter dan klik tombol Properties.
  1. Window Dial-Up Adapter Properties akan terbuka. Klik tab Bindings.
  1. Pastikan pilihan TCP/IP -> Dial-Up Adapter telah tercentang.
  2. Klik tombol OK.
  3. Tampilan window Network akan terbuka kembali.
  1. Klik tombol OK untuk meng-update perubahan yang telah dilakukan.
  2. Windows 98 mungkin akan memerintahkan Anda untuk memasukkan Win98 CD-ROM. Ikuti perintah yang diberikan untuk menyelesaikan konfigurasi.
  3. Windows 98 akan memerintahkan Anda untuk me-restart komputer. Lakukan sesuai yang diperintahkan agar setting yang telah dilakukan dapat digunakan pada PC Anda.
  4. Setting komponen network telah selesai dilakukan.
Untuk setting Dial-Up network :

  1. Double klik icon My Computer pada windows desktop.
  2. Window My Computer akan terbuka. Double klik pada icon Dial-Up Networking.
  1. Window Dial-Up Networking akan terbuka. Double klik pada icon Make New Connection.
  1. Window Make New Connection akan terbuka.
  2. Ketikkan D~Net pada field Type a name for the computer you are dialing
  3. Pilih jenis modem yang Anda gunakan dengan memilih pada drop-down menu yang tersedia (Jika belum ada, pastikan bahwa modem telah di-install menggunakan driver yang sesuai).
  4. Klik tombol Configure untuk memastikan bahwa modem telah di-set dengan benar.

  1. Klik tab General. Set Maximum speed melalui drop-down menu yang tersedia. Pilih 57600.

  1. Klik tab Connection. Jangan ubah setting yang ada. Pada beberapa kasus, jika line telepon Anda terdapat fasilitas seperti telkom memo, non-aktifkan pilihan “Wait for dial tone before dialing”

  1. Klik tab Options. Window Options akan terbuka. Jangan ubah setting yang sudah ada dan klik OK.

  1. Window Make New Connection akan terbuka kembali. Klik tombol Next >

  1. Ketikkan nomor dial-up D~Net pada field Telephone number (pilihan nomer akses: 5550099, 5550019, 5550098, 8450508 atau 2957100. Daftar nomor dial-up ini juga dapat dilihat di FAQ Koneksi Dial-Up)
  2. Isi field Country code. Pilih Indonesia(62) melalui drop-down menu yang tersedia.
  3. Klik tombol Next >

  1. Setting akhir window Make New Connection akan tampil. Klik tombol Finish.

  1. Window Dial-Up Networking akan terbuka kembali, dan akan terdapat tambahan icon dengan nama D~Net.

  1. Klik kanan pada icon D~Net, pilih Properties
  2. Pada window yang muncul, pilih tab General, pastikan pilihan “Use area code and dialing properties” tidak diaktifkan jika Anda berada di kode area telephone yang sama dengan POP D~Net
  1. Pilih tab Server Type, pastikan pilihan yang diaktifkan adalah “Enable software compression” dan “TCP/IP”.
  1. Sorot item TCP/IP dan klik tombol Properties.
  2. Window TCP/IP Properties akan terbuka.
  3. Klik tab IP Address dan pilih Obtain an IP address automatically.
  1. Klik tab DNS Configuration dan pilih Disable DNS.
  1. Klik tombol OK.
  2. Tampilan window D~Net akan terbuka kembali
  1. Klik tombol OK untuk meng-update perubahan yang telah dilakukan. Windows 98 mungkin akan memerintahkan Anda untuk memasukkan Win98 CD-ROM. Ikuti perintah yang diberikan untuk menyelesaikan konfigurasi.
  2. Windows 98 akan memerintahkan Anda untuk me-restart komputer. Lakukan sesuai yang diperintahkan agar setting yang telah dilakukan dapat digunakan pada PC Anda.
  3. Setting Dialup Networking untuk koneksi dial-up telah selesai dilakukan.
Pada Windows XP
1.
Klik Start > Control Panel

2.
Window Control Panel akan terbuka.
3
Pada sebelah kanan, klik  Network and Internet Connections.
4.
Window Network and Internet Connection akan terbuka, klik icon Network Connections.

5.
Window New Connection Wizard akan terbuka. Klik tombol Next >
6.
Pilih pilihan `Connect to the Internet` dan klik tombol Next >
7.
Pilih pilihan`Set up my connection manually` dan klik tombol Next >
8.
Pilih pilihan `Connect using a dial-up modem` dan klik tombol Next >
9.
Ketikkan D~Netdalam field ISP Namedan klik tombol Next >
10.
Ketikkan nomor dial-up D~Net pada field Phone number (pilihan nomer akses: 5550099, 5550019, 5550098, 8450508 atau 2957100. Daftar nomor dial-up ini juga dapat dilihat di http://www.sby.dnet.net.id/support/technical-support/faq/koneksi-dial-up.php#6). Klik tombol  Next >
11.
Pilih  “Anyone’s use” dan klik tombol Next >
12.
Ketikkan User namedan PasswordAnda dengan benar dan klik tombol Next >
13.
Centang pilihan `Add a shortcut to this connection to my desktop` jika Anda ingin menampilkan shortcut pada desktop.
14.
Klik tombol Finish.

15.
Window Network Connection akan terbuka kembali dengan tambahan icon D~Net di dalamnya.
16.
Icon shortcut D~Net akan muncul di Windows desktop.
17.
Klik StartConnect ToD~Net
18.
Window ‘Connecting D~Net’ akan terbuka. Klik tombol  Properties.
19.
Window D~Net Propertiesakan terbuka.

20.
Pastikan pilihan modem yang sesuai dengan modem yang digunakan pada field Connect using (jika belum ada, pastikan modem telah ter-install sesuai driver-nya)
21.
Ketikkan nomor dial-up D~Net pada field Phone number (pilihan nomer akses: 5550099, 5550019, 5550098, 8450508 atau 2957100. Daftar nomor dial-up ini juga dapat dilihat di http://www.sby.dnet.net.id/support/technical-support/faq/koneksi-dial-up.php#6)
22.
Biarkan kosong pilihan Use dialing rules
23.
Klik tombol Configure. Window Modem Configuration akan terbuka.
24.
Centang pilihan yang tersedia sesuai pada gambar di bawah. Pilih Maximum speed (bps) ke 57600. Klik tombol OK.
25.
Window D~Net Properties akan terbuka kembali dan klik tab Options.
26.
Centang pilihan yang tersedia sesuai gambar berikut:

27.
Klik tab Networking.
28.
Pilih `PPP: Windows 95/98/NT4/2000, Internet` pada pilihan ‘Type of dial-up server I am calling’.  Pastikan pilihan seperti pada gambar di bawah.

29.
Sorot pada pilihan `Internet Protocol (TCP/IP)` dan klik tombol Properties
30.
Window Internet Protocol (TCP/IP) Propertiesakan terbuka. Pastikan pilihan seperti pada gambar di bawah
31.
Klik tombol OK.
32.
Window Connecting D~Net  akan terbuka kembali. Klik tombol  Cancel
33.
Setting Dial-Up Networking (DUN) untuk koneksi Dial-Up telah selesai dilakukan.
Melakukan Koneksi Internet via ISP
Untuk memulai Akes ke internet (contoh Telkomnet Instan) pada Windows 98 lakukan langkah berikut ini
  1. Double klik icon My Computer pada Windows Desktop.
  2. Window My Computer akan terbuka. Double klik pada icon Dial-Up Networking.

  3. Window Dial-Up Networking akan terbuka. Double klik pada icon D~Net

  4. Window Connect To akan terbuka. Terdapat 4 field yang harus diisi:
    a. Username : Ketikkan Username Anda
    b. Password : Ketikkan password login Anda
    c. Phone number : Ketikkan nomor dial-up D~Net (pilihan nomer akses: 5550099, 5550019, 5550098, 8450508 atau 2957100. Daftar nomor dial-up D~Net ini dapat dilihat di
    FAQ Koneksi Dial-Up
    d. Dialing From : Jangan ubah setting yang sudah ada.

  5. Klik tombol Connect.
  6. Berikutnya Anda harus menunggu, sementara modem melakukan dial ke D~Net.

  7. Tunggu sampai selesainya proses verifikasi username dan password.

  8. Setelah proses verifikasi Username dan Password selesai, Anda telah tersambung ke server dan akan muncul window seperti gambar di bawah. Window ini hanya akan muncul pada saat pertama kali Anda melakukan proses koneksi ke D~Net.

  9. Anda akan melihat tambahan icon pada windows taskbar yang menampilkan gambar dua komputer yang terhubung bersama.

  10. Dengan melakukan double klik pada icon tersebut, Anda dapat melihat detil dari koneksi Anda.

  11. Jika Anda telah selesai menggunakan internet, double klik icon pada windows taskbar tersebut, dan klik tombol Disconnect untuk memutuskan koneksi.
Pada Windows XP
Untuk memulai Akes ke internet (Telkomnet Instan) pada Windows XP lakukan langkah berikut ini
1.
Double klik icon D~Netpada Windows desktop (jika ada).Atau klik Start >  Connect To > D~Net
2.
Window Connecting D~Net akan terbuka. Ketikkan username dan password Anda, dan klik tombol Dial.

3.
Berikutnya Anda harus menunggu, sementara modem melakukan dial ke D~Net.

4.
Tunggu sampai selesainya proses verifikasi username dan password.
5.
Pada saat koneksi telah tersambung , akan muncul icon komputer dengan dua layar yang berkedip pada windows taskbar.
6.
Anda telah sukses tersambung dengan D~Net.
7.
Dengan melakukan double klik pada icon komputer tadi, Anda dapat melihat detail koneksi.

8.
Untuk memutuskan koneksi, klik tombol Disconnect.
Tata Cara Penyambungan Internet Melalui Jaringan ( Intranet )
Organisasi pemilik internet dimungkinkan hanya berlangganan 1 saluran internet dari ISP untuk kemudian membagi akses tersebut ke semua computer anggota jaringan. Computer-komputer dalam jaringan memiliki identitas khusus berupa nomor IP. Administrator jaringan melakukan pelakukan nomor Ip di computer client, tak di perbolehkan ada nomor IP kembar dalam jaringan tersebut.
Jika kita ingin mendapatkan akses internet melalui jaringan tersebut, tentu saja kita harus menghubungkan computer kita dengan jaringan tersebut dan selanjutnya melakukan seting nomor Ip di computer kita. Selain nomor Ip, kita mungkin melakukan seting DNS maupun gateway. Kita tidak boleh sembarangan mengisi ada aturannya. Kita harus mendapatkan ijin dari administrator jaringan tersebut karena administrator jaringan lah yang berhak menambah jumalh anggota jaringan. Lagipula untuk jaringan internet jika bukan anggota organisasi tersebut kita juga tak mungkin diberi akses.
Untuk menghubungkan computer kita dengan jaringan atau artu jaringan yang terpasang d computer kita. Melalui interface jaringan tersebut computer kita dapat dhubingi dengan media tertentu misalnya kabel UTP ato kaberl coaxial. Jika berhasil terhubung dengan sebuah jaringan yang memilih askes internet kita juga dapatn mengakses internet dengan jaringan tersebut.
Jadi, jika kita ingin dapatkan akses internet langsung ke computer, kita perlu menghubungi ISP. Sedangkan untuk mendapatkan akses internet di computer kita dari jaringan computer yang terkoneksi dengan internet, kita haruus menguhubngin administrator jaringan tersebut.